Rabu, 13 Januari 2010

langkah menginstall affice

Mencoba Instalasi Microsoft Office 2007 Service Pack 2

icon-officeService Pack 2 (SP2) untuk Microsoft Office 2007 sudah agak lama dirilis, dan baru kali ini saya berkesempatan untuk mencobanya walaupun SP2 tersebut sudah saya download dari saat dirilis. Sebetulnya buat saya sendiri, aplikasi Microsoft Office 2007 yang saya gunakan baik di tempat kerja maupun di rumah, terutama Word, Excel, PowerPoint dan OneNote sudah jalan tanpa masalah alias tidak ada kendala yang berarti, namun namanya juga penasaran ingin mencoba sekaligus melihat, barangkali ada hal-hal baru yang menarik yang dimuat dalam SP2 tersebut :D

Sebelum mulai meng-install, tentunya diperiksa dulu versi Office yang saat ini saya gunakan. Cara memeriksa versi Office ini bisa dibaca di tulisan saya yang lain dalam weblog ini.

image

Setelah itu baru mulai meng-install SP2 tersebut. Langkah instalasinya sendiri tidak ada yang aneh, cukup klik Next dan Next hingga selesai dan Windows meminta kita untuk restart. Proses instalasi ini juga hanya memakan waktu beberapa menit saja.

Sekedar untuk memastikan, hal pertama yang dilakukan setelah restart adalah memeriksa kembali versi Office. Dan hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut ini. Terlihat bahwa versinya telah berubah dengan penambahan SP2.

image

Apa hasilnya setelah update ke SP2 ini ? Dari segi tampilan tentunya tetap alias tidak berubah karena SP2 kebanyakan membawa perbaikan pada beberapa fitur kecil yang mungkin tidak begitu terlihat. Namun yang pasti akan terlihat adalah format file yang didukung Office kini lebih beragam seperti tampak pada gambar berikut ini.

image

Pada gambar tersebut, gambar kiri adalah format file yang didukung Office sebelum update dan gambar kanan adalah format file yang didukung Office setelah update ke SP2. Terlihat bahwa format PDF dan XPS kini telah didukung langsung tanpa harus meng-install add-on lainnya lagi. Lalu yang luar biasa adalah adanya dukungan untuk format file Open Document yang umum digunakan di platform OpenSource. Tentang Open Document ini juga bisa dibaca di tulisan saya yang lain dalam weblog ini. Peningkatan lain yang saya rasakan adalah kinerja aplikasi Outlook 2007 setelah update ini terasa lebih gegas, terutama saat Outlook tersebut mulai dijalankan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More